Kemasan UKM dan MEA

Siapkah UKM Indonesia menyambut persaingan MEA?  Selain kualitas, kuantitas dan harga, kemasan menjadi salah satu faktor kendala persaingan. Kemasan yang baik akan lebih menarik perhatian konsumen.

Kriteria kemasan yang baik bagi konsumen yang kritis pada masa kini tidak selalu soal design kemasan tapi mereka lebih melihat tanggal produksi, tanggal kedaluarsa atau expired date dan hal kecil  lain yang terkadang sering diabaikan oleh pelaku bisnis UKM.  Mungkin bukan sengaja diabaikan tapi lebih kepada faktor cost yang tinggi untuk investasi mesin branding tanggal kedaluarasa, tanggal produksi atau expired date tersebut.

Kini pelaku bisnis UKM tidak perlu merasa khawatir soal mesin branding tanggal produksi, tanggal  kedaluarsa atau expired date, code produksi atau semacamnya yang dalam bayangan memerlukan modal besar yang hanya bisa dilakukan oleh pabrikan. Tinta stempel permanen Nobu adalah tinta yang bisa menempel pada semua media kemasan seperti plastic, aluminium foil, toples kaca, toples plastic, besi, baja steel, karet, dll dengan daya rekat yang kuat dan tajam sehingga menjadi solusi yang tepat bagi para pelaku bisnis UKM.

Dengan mencantumkan tanggal produksi, tanggal kedaluarsa atau expired date, code produksi, dll yang diperlukan pada kemasan akan lebih meningkatkan persaingan pasar. Kemasan terlihat lebih meyakinkan dan lebih terkesan professional.